Berita

Kolaborasi Riset Dosen dan Mahasiswa STIKOM Jogja Dimuat pada Publikasi Internasional

Admin 30 Apr 2020

Yogyakarta - Dua penelitian hasil kolaborasi riset antara dosen dan mahasiswa STIKOM Jogja berhasil dipublikasikan pada Atlantis Press Proceeding pada awal April 2020. Riset tersebut berjudul: "Analysis of the Communication Model of Atta Halilintar on YouTube" yang dilakukan oleh Supadiyanto (Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi) dan tiga mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi terdiri atas: Pelagia Adinda We e Pande, Vespian Varianta, dan Tri Budiarti. Riset lainnya milik Karina Rima Melati (Pembantu Ketua III STIKOM Jogja) dan S.P. Nur Komala Dewi (mahasiswa D3 Periklanan) berjudul: "Integrated E-Commerce Ecosystem in China and Indonesia’s Giant Market".

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengungkap terjadinya integrasi ekosistem bisnis digital yang terjadi di pasar raksasa yang terjadi di China dan Indonesia. Model bisnis yang dimainkan oleh berbagai perusahaan digital sekaliber Alibaba Group dan Tokopedia menjadi fenomena menarik dalam kajian ekonomi digital yang terkonsentrasi pada pemanfaatan berbagai teknologi berbasis Internet. Hasilnya, budaya lokal dan perilaku masing-masing penduduk di setiap negara sangat berpengaruh besar pada perkembangan ekonomi digital dunia. Hasil penelitian bisa diakses di sini: https://www.atlantis-press.com/proceedings/imc-19/125938025

Sedangkan Supadiyanto dkk, mengungkap strategi yang dimainkan oleh Atta Halilintar menjadi YouTuber dengan jumlah subsribes terbesar se-Indonesia bahkan di tingkat Asia. Kesuksesan Atta Halilintar menjadi YouTuber antara lain: berkat kecerdasannya dalam membenturkan setiap topik videonya dengan tokoh atau artis, menciptakan ikon-ikon unik seperti kata "Asiaap", dan strategi konten yang unik dan penuh kejutan. Hasil penelitian bisa diakses melalui: https://www.atlantis-press.com/proceedings/imc-19/125938058 (Spd)

 

 

 

© Copyright Stikom Yogyakarta 2019