Berita

Diperpanjang, Waktu Penerimaan Naskah Buku Bertajuk: "Media, Komunikasi, dan Krisis COVID-19”.

Admin 01 May 2020

Yogyakarta - Untuk mengakomodir permintaan sejumlah calon penulis naskah buku bertajuk: Media, Komunikasi, dan Krisis COVID-19, maka Program Studi S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Jogja memberikan kesempatan lagi dengan memperpanjang masa penerimaan naskah maksimal sampai tanggal 7 Mei 2020, yang seharusnya ditutup pada Kamis, 30 April 2020. Adapun detil pengumumannya ada di bawah ini:

================================================================================

DARURAT COVID-19; DICARI KARYA TULIS UNTUK DITERBITKAN MENJADI BUKU, SEGERA!

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta memiliki kepedulian terhadap penanganan dampak wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) terhadap berbagai bidang kehidupan di negeri ini. Untuk itu kami bermaksud menerbitkan buku kolektif-kolegial edisi perdana. Untuk itu kami mengajak segenap sivitas akademika STIKOM Yogyakarta maupun kampus lainnya dapat berkontribusi dengan mengirimkan karya tulis dalam bentuk: artikel/opini, esai, hasil analisis, refleksi, serta hasil penelitian terkini merespons situasi dan kondisi yang dirasakan dan dialami bersama. Adapun ketentuannya sbb.:

 Topik besar: “Media, Komunikasi, dan Krisis COVID-19”.

 Karya tulis yang diangkat wajib berhubungan dengan topik di atas.

 Panjang karya tulis sebanyak 10-20 halaman A4 spasi 1,5 dengan huruf Times News Roman (TNR) ukuran 12.

 Anatomi tulisan bersifat fleksibel namun tetap dengan mengedepankan kaidah ilmiah dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

 Karya tulis tidak boleh mengandung unsur pornografi dan diskriminasi Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

 Penulis yang bisa berkontribusi dalam penulisan buku ini adalah dosen, mahasiswa, atau kolaborasi antara dosen dan mahasiswa baik dari STIKOM Yogyakarta maupun Perguruan Tinggi lainnya.

 Pada bagian akhir karya tulis dicantumkan biodata singkat (riwayat hidup) penulis.

 Para penulis berhak mendapatkan sebanyak 4 eksemplar buku sebagai bukti cetak/terbit.

 Buku diterbitkan dengan nomor ISBN oleh penerbit resmi.

 Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) setiap hasil karya tulis yang diterbitkan dalam bentuk buku tersebut melekat pada setiap penulis, namun hak terbit berada pada penerbit dan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta.

 Subsidi biaya pendaftaran dan penerbitan buku untuk setiap penulis Rp 200.000 (internal STIKOM Yogyakarta) dan Rp 350.000 dari institusi luar (teknis pembayaran diinformasikan kemudian).

 Khusus bagi karya tulis yang ditulis berdua atau lebih, besarnya subsidi biaya pendaftaran dan penerbitan buku untuk penulis pertama Rp 350.000 dan penulis kedua Rp 200.000, penulis ketiga dst Rp 200.000 (untuk dari institusi luar). Masing-masing penulis tetap berhak mendapatkan bukti cetak sebanyak 4 eksemplar. Sedangkan untuk besarnya subsidi biaya pendaftaran dan penerbitan buku untuk penulis pertama dan kedua, dst (internal STIKOM Yogyakarta) masing-masing Rp 200.000.

 Karya tulis dikirimkan melalui e-mail: prodi.ikom.stikomyogyakarta@gmail.com atau WA: 0819-1076-7633 dengan batas waktu maksimal pada Kamis, 07 Mei 2020 pukul 24.00 WIB.

 Buku ini sangat bermanfaat bagi sivitas akademika PT untuk kepentingan: bahan ajar, promosi kenaikan jabatan fungsional bagi dosen, portofolio bagi dosen dan mahasiswa, dan prestis bagi para penulis, serta pengembangan tradisi kepenulisan di Indonesia. Jumlah kuota atau maksimal penulis buku ini dibatasi maksimal hanya untuk 25 naskah terbaik. Daftarkan segera nama Anda cukup dengan mengetikkan nama dan asal institusi ke email: prodi.ikom.stikomyogyakarta@gmail.com dan atau WA/HP: 0819-1076-7633 (Supadiyanto).

 Semua peserta/penulis harus/wajib tunduk dan patuh pada ketentuan panitia penyelenggara.

 Sekretariat Panitia: Program Studi S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta Jalan Laksda Adisucipto No. 279 Km 6,5 Yogyakarta Email: prodi.ikom.stikomyogyakarta@gmail.com WA/HP: 0819-1076-7633 (ESPEDE)

 Adapun tahapan program penerbitan buku ini sebagai berikut:

No. ll Agenda Kegiatan ll Tanggal ll Keterangan

1. Sosialisasi dan publikasi via medsos 20-31 Maret 2020

2. Pendaftaran dan penerimaan karya tulis 1-30 April 2020 Melalui email dan atau WA

3. Perpanjangan masa penerimaan karya tulis 1-7 Mei 2020 Melalui email dan atau WA; maksimal ditunggu sampai pukul 24.00 WIB

4. Proses seleksi karya tulis terbaik untuk diterbitkan. 8-9 Mei 2020

5. Pengumuman lolos dan pembayaran biaya administrasi 10 Mei 2020 Diumumkan melalui situs online: www.stikomyogyakarta.ac.id pukul 12.00 WIB

6. Pembayaran biaya administrasi bagi yang dinyatakan lolos 10-14 Mei 2020 Biaya administrasi ditransfer melalui rekening yang direkomendasikan.

7. Penyuntingan karya tulis 10-14 Mei 2020

8. Layout dan finalisasi buku (pra-cetak) 15-22 Mei 2020

9. Penerbitan buku 22 Mei-22 Juni 2020

10. Peluncuran, bedah buku, penyerahan/pengiriman buku kepada para penulis 29 Juni 2020 pukul 09.00-12.00 WIB bertempat di STIKOM Yogyakarta Jika dan hanya jika masa tanggap darurat COVID-19 masih terjadi pada kurun waktu tersebut, maka peluncuran dan bedah buku dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom.us

 

Yogyakarta, 01 Mei 2020

Hormat kami,

Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta

TTD.

SUPADIYANTO, M.I.Kom.

Unduh pengumuman: /ckfinder/userfiles/files/PRODI%20IKOM%20STIKOM__DICARI%20ESAI%20ATAU%20ARTIKEL%20MENULIS%20BUKU%20COVID-19-REVISI%20PERPANJANGAN(1).pdf

© Copyright Stikom Yogyakarta 2019