Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta telah melakukan Media Visit di Tribun Jogja pada Senin, 9 Desember 2019. Tema tahun ini adalah menulis artikel di media. Namun, mahasiswa tidak hanya sekedar diberikan pemahaman tentang bagaimana menulis berita yang baik saja. Sebanyak 30 Mahasiswa STIKOM diajak untuk melek pemahaman tentang Search Engine Optimization (SEO).
Mona Kriesdinar, Social Media Specialist Tribun Jogja mengatakan bahwa di dalam menulis konten harus mengerti siapa target dan kemauan dari target tersebut. "Hal-hal semacam itu dapat kita riset melalui alamat website yang isinya adalah kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna internet, khususnya google search" ungkapnya. Tidak hanya itu, Mona tanpa segan juga telah membagikan ilmunya secara gamblang bagaimana tehnik pemberian judul dapat terbaca oleh pengguna internet secara efektif, singkat dan jelas sehingga pembaca tertarik untuk membaca berita tersebut. "Cukup dengan PPT, Place, Person dan Time. Itu adalah tehnik penjudulan efektif yang nantinya kata kunci yang tepat akan lebih mudah dipahami oleh mesin" ujarnya.
Dosen pengampu mata kuliah Dasar-dasar Jurnalistik, Firdha Irmawanti menyampaikan kegiatan media visit sudah beberapa kali dilakukan. Akan tetapi media selalu mengalami perkembangan. Sehingga pada mata kuliah dasar-dasar jurnalistik diperlukan untuk mengetahui perkembangan apa yang sedang terjadi di media supaya tetap dapat mengikuti.
Media Visit STIKOM yogyakarta 2019 terlaksana atas kepanitiaan Himpunan Jurusan Public Relations bersamaan dengan mata kuliah dasar-dasar jurnalistik. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya ilmu jurnalistik dan mahasiswa dapat mengikuti perkembangan tentang kepenulisan berita di media.
Kegiatan media visit ini diharapkan dapat menambah semangat mahasiswa STIKOM agar memiliki kemauan untuk menulis berita ataupun artikel dengan mengetahui tehnik efektivitas kepenulisan maupun penggunaan nilai berita di dalamnya. (Nuri)