Prospek Kerja Ilmu Komunikasi di Masa Depan yang Menjanjikan, Mulai Jurnalis, YouTuber hingga Pengusaha Media
Menjadi lulusan ilmu komunikasi, ke depan tentunya akan dihadapkan dengan beragam prospek kerja ilmu komunikasi yang hampir dibutuhkan diberbagai perusahaan.
Prospek kerja ilmu komunikasi tidak hanya berpeluang untuk bekerja menjadi pegawai atau karyawan. Melainkan juga prospek menjadi seorang pengusaha media.
Karena kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari berbagai hal tentang seluk beluk berbagai media, pemasaran atau periklanan, dan hubungan masyarakat.
Ilmu komunikasi memiliki cakupan keilmuan yang cukup luas sehingga membuka peluang prospek kerja ilmu komunikasi yang lebih luas.
Namun, apa saja prospek kerja lulusan ilmu komunikasi di masa depan yang menjanjikan?
Content Creator
Prospek kerja ilmu komunikasi yang pertama yaitu sebagai content creator yang semakin banyak dibutuhkan saat ini dan diprediksi akan semakin bertumbuh di masa mendatang seiring perkembangan media sosial.
Pasalnya banyak perusahaan yang menggunakan media sosial maupun platform lainnya sebagai media promosi bahkan membangun branding, yang tentu saja membutuhkan konten yang kreatif dan segar.
YouTuber
Youtuber menjadi prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya yang menjanjikan di masa depan. Terlebih saat ini perkembangan internet yang begitu cepat menjadi pintu peluang terbukanya kesempatan siapa saja menjadi youtuber.
Banyak selebritas yang telah membuktikan kesuksesannya dengan menjadi youtuber, karena bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari iklan di YouTube maupun dari Google.
Mengapa lulusan ilmu komunikasi bisa menjadi youtuber, karena diperkuliahan ilmu komunikasi diasah kemampuan bicara di depan khalayak, membuat konten audio visual yang menarik.
Pengusaha
Menjadi pengusaha tentu menjadi dambaan setiap orang, karena memiliki waktu yang bebas, dan tidak terikat. Sehingga bisa bekerja di manapun dan kapanpun.
Dan menjadi pengusaha media menjadi prospek kerja ilmu komunikasi yang diimpikan sebagian besar lulusan jurusan ilmu komunikasi.
Menjadi pengusaha media saat ini bisa dimulai dari modal kecil. Contohnya menjadi pengusaha media online yang bisa dimulai sejak dini.
Siapa saja bisa memiliki media berbasis online atau website atau biasa dikenal sebagai portal berita. Asal memahami aturan hukum yang berlaku terkait pembentukan sebuah perusahaan media.
Menjadi pengusaha media online kini menjadi pilihan sejumlah jurnalis atau pekerja media. Pasalnya keberadaan media cetak perlahan tergantikan media online karena tuntutan zaman.
Maka peluang menjadi pengusaha media online akan sangat terbuka lebar di masa depan seiring perkembangan teknologi digital, dan semua orang mengakses segala hal hanya dalam satu genggaman.
Kekuatan pengusaha media yang berlatar belakang lulusan ilmu komunikasi adalah lebih memahami karakeristik media, peluang-peluang yang memungkinkan menunjang pertumbungan bisnis media yang semua itu dipelajari dengan kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi.
Dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta adalah pilihan yang tepat untuk menempuh pendidikan di bidang Ilmu Komunikasi.
Kelebihan STIKOM Yogyakarta terhadap prospek kerja ilmu komunikasi adalah menunjang berbagai sisi bidang keilmuan Ilmu Komunikasi. Baik secara teori maupun praktik.
Terbukti banyak lulusan STIKOM Yogyakarta yang bekerja di perusahaan media besar, dan bahkan tidak sedikit yang menjadi pengusaha media maupun memiliki usaha di bidang multimedia.
Jadi segera daftarkan diri anda di STIKOM Yogyakarta, dan raih kesempatan memperoleh bidang kerja ilmu komunikasi yang menjanjikan di masa depan.***