Berita

Kuliah Jurusan Broadcasting Propek Kerja Terbuka Lebar

Admin 17 Mar 2022

Kuliah Jurusan Broadcasting Propek Kerja Terbuka Lebar Di Dunia Kreatif

Dewasa ini, ketika kita lebih banyak beraktivitas di dunia online, ada beragam karya broadcasting yang bisa kita nikmati. Bidang pendidikan formal dan non-formal, hiburan, hingga publikasi hal-hal penting kini jadi mudah diakses oleh masyarakat.

Banyak pula kaum muda masa kini yang kerap eksis dengan publikasi karya keren mereka yang tak jarang dipublikasikan melalui jejaring sosial. Atau dikenal sebagai content creator. Lewat karya broadcasting itulah seseorang bisa menyajikan hiburan, edukasi, inspirasi, dan seni sekaligus.

Peluang bisnis digital dunia broadcasting juga semakin beragam dari masa ke masa. Bisa dikatakan industri ini tidak pernah mati dan terus mengikuti perkembangan teknologi digital. Maka kuliah di jurusan broadcasting menjadi gerbang awal untuk menjadi the next broadcaster yang handal dan kreatif.

Yang Dipelajari Mahasiswa Broadcasting

Mahasiswa jurusan broadcasting tidak hanya mempelajari mengenai peralatan maupun software editing. Melainkan ada banyak materi lainnya, diantaranya produksi program, tata artistik, animasi, dramaturgi, hingga kode etik komunikasi juga diberikan dalam perkuliahan.

Selain editing dan produksi film, televisi, dan radio, mahasiswa juga belajar tentang pers dan jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, multimedia komununikasi, serta fotografi.

Porsi Kuliah Jurusan Broadcasting

Tentunya bobot praktikum di jurusan broadcasting lebih besar dibanding teori. Mahasiswa juga bisa membuat karya di studio kampus maupun di lapangan.

Lebih asyiknya lagi, untuk syarat kelulusan, mahasiswa D3 Broadcasting boleh memilih membuat karya kreatif atau program magang.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Broadcasting

Bidang broadcasting miliki peluang yang terus berkembang seiring perkembangan teknologi komunikasi.

Ada banyak prospek untuk lulusan juruan broadcasting, diantaranya di industri media, seperti televisi, radio, media online, agency, production house, atau membuka usaha sendiri di bidang multimedia komunikasi. Dan bahkan bisa menjadi praktisi independen maupun agensi pribadi.

Posisi yang selalu ada di setiap industri tersebut yaitu, sutradara, produser, penyiar, reporter, jurnalis, script writer, penata audio, penata cahaya, movie maker, video journalist, videographer, program director, Disc Jokey (DJ), host, animator, dan posisi kreatif lainnya.

Kerja Tim Menjadi Kunci di Dunia Broadcasting

Dunia broadcasting sangat mengandalkan teamwork atau kerja tim yang kompak, meskipun bagi seseorang yang multitalenta sekalipun.

Pasti akan sangat merepotkan jika sebuah program dijalankan hanya dengan seorang diri, seperti mengatur pencahayaan, audio, membuat naskah, mengambil gambar, dan lainnya. Meskipun saat ini banyak karya digital yang dikerjakan secara one man show.

Siapkah Menjadi The Next Broadcaster Masa Depan?

Ada banyak hal yang bisa dipelajari selama berkuliah di jurusan broadcasting, mulai dari mengoperasikan kamera, memproduksi film, documenter, editing video dan audio.

Ingin jadi content creator, sutradara, penyiar, produser, atau berbagai jenis profesi kreatif lain di balik layar, kuliah jurusan broadcasting jawabannya.

Dengan kuliah di jurusan broadcasting atau kepenyiaran, mahasiswa akan memiliki banyak porsi kuliah praktikum lebih besar. Hal itu guna mengasah kompetensi setiap mahasiswa.

STIKOM Yogyakarta Jadi Pilihan Kuliah Jurusan Broadcasting Terbaik

STIKOM Yogyakarta memiliki tiga fokus di prodi D3 Broadcasting atau penyiaran, yaitu Film, Radio dan Televisi.

Kuliah jenjang D3 adalah jawaban bagi kalian yang ingin cepat memiliki karir keren. Disamping waktu studinya lebih singkat, porsi kuliah praktikumnya pun lebih padat.

Jadi, cocok bagi kalian yang bercita-cita mengasah hardskill dan softskill sebagai praktisi professional sekaligus.

Informasi selengkapnya untuk mendaftar kuliah di STIKOM Yogyakarta silahkan klik www.karirkeren.com untuk daftar online dan temukan empat prodi recommended buat calon content creator.***

 

© Copyright Stikom Yogyakarta 2019