Berita

Lulusan Jurusan Periklanan Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja

Admin 17 Mar 2022

Lulusan Jurusan Periklanan Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja Saat Ini dan Masa Mendatang

Jika kamu sering melihat iklan-iklan di sejumlah media, baik yang terpampang di baliho atau billboard di jalanan, televisi, atau di sosial media kemudian penasaran bagaimana iklan tersebut dibuat sehingga mampu mempengaruhi orang yang melihat atau membacanya mengambil keputusan untuk membeli dan menggunakan sebuah produk, nah jurusan periklanan ini cocok buat kamu ambil.

Terlebih, industri periklanan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu seiring perkembangan berbagai industri maupun inovasi produk. Maka semakin banyak pula iklan yang harus diproduksi karena berperan sebagai proses pemasarannya.

Iklan yang baik adalah mempunyai sasaran atau target yang tepat. Sehingga untuk bisa menentukan target tersebut dibutuhkan keahlian khusus yang harus dimiliki para lulusan jurusan periklanan.

Lulusan jurusan periklanan memiliki peluang kerja yang sangat luas. Diantaranya bisa bekerja di industri media dan non media sebagai Account Manager, Account Executive, Media Planner, Strategic Planner, Marketing, bahkan bisa merambah sebagai Hubungan Masyarakat atau Public Relation.

Kemampuan Lulusan Jurusan Periklanan

Setiap lulusan jurusan periklanan akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan menulis naskah iklan atau menulis di media, memiliki kemampuan desain, kreativitas, kemampuan berpikir out of the box, mampu bekerja dalam tim maupun individu, dan kemampuan analisis yang baik.

Kebutuhan Lulusan Jurusan Periklanan di Dunia Kerja

Pada umumnya lulusan jurusan periklanan bekerja di biro periklanan atau agensi iklan dan pemasaran disebuah perusahaan. Namun, industri periklanan mengalami perkembangan terus menerus sehingga memiliki cakupan yang lebih luas lagi misalnya industri agensi media, digital agency, creative agency, dan lain sebagainya.

Lulusan jurusan periklanan juga bisa berkarir dalam beragam peran pada industri yang disebutkan di atas, yaitu sebagai account executive, art director, strategic planner, media planner, account manager, dan sebagai content copywriter yang bertugas menulis naskah iklan baik untuk cetak, televisi, radio, sosial media, marketplace, dan segala macam bentuk komunikasi pada sebuah bran atau merek.

Kuliah di Jurusan Periklanan

Ketika memutuskan untuk berkuliah di jurusan periklanan, maka yang dipelajari adalah bagaimana cara menyampaikan pesan dengan cara yang kreatif, menarik dan sampai.

Karena jurusan periklanan ini biasanya berjenjang D3 atau vokasi, maka metode pengajaran yang diterapkan pun lebih banyak praktik ketimbang teori. Mahasiswa akan dilibatkan dalam sebuah project yang dibuat secara berkelompok. Dalam satu kelompok tersebut, akan diuji bagaimana cara menganalisis pasar, menciptakan ide kreatif untuk sebuah iklan secara tim atau kelompok. Kemudian mahasiswa juga akan dibiasakan untuk melakukan presentasi atas ide yang telah dibuatnya tersebut.

STIKOM Yogyakarta salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi D3 Periklanan atau Advertising dengan akreditasi baik. STIKOM Yogyakarta tidak hanya mampu mencetak sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja, melainkan mencetak mental pengusaha. Sehingga diharapkan para lulusan tidak hanya mampu bekerja di sebuah industri tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dengan bekal yang dimiliki.***

© Copyright Stikom Yogyakarta 2019