Tata Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Baru

Registrasi Reguler

Jalur regular adalah jalur pendaftaran yang dipilih oleh calon mahasiswa yang berasal dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat untuk mendaftar sebagai mahasiswa D3 (Hubungan Masyarakat, Periklanan, Penyiaran) atau S1 Ilmu Komunikasi Stikom Yogyakarta.

Tahapan Pendaftaran Jalur Reguler

  1. Membuat akun di www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran   Reguler
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  4. Unggah berkas (5 berkas semua dalam format PDF): Bukti Pembayaran, Raport semester 5/SKL/Ijazah, Pas Foto, Kartu Keluarga, dan KTP.
  5. Menunggu pengumuman diterima. Informasi akan disampaikan melalui email. Mohon selalu memantau akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  dan email.
  6. Setelah dinyatakan diterima, silakan melakukan Herregistrasi sesuai Program Studi.

Tahapan Heregistrasi Jalur Reguler.

Berikut adalah tahapan proses herregistrasi pendaftaran mahasiswa baru STIKOM Yogyakarta:

  1. Membayar biaya Herregistrasi meliputi biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) + Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) sesuai Prodi diterima, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  2. Mengirimkan Bukti pembayaran ke bagian Keuangan CP : 089517293781 (Pratiwi,A.Md)
  3. Mengisi form herregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/ , login menggunakan akun yang telah dibagikan. ( Cp : 0813 7425 6967 , Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  4. Mengunggah berkas herregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari  setelah Herregistrasi  pada Jam Kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/ foto bukti pembayaran biaya herregistrasi
    2. Scan/ foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    3. Scan/ foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM 
    4. Scan/ foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai   Rp.10.000,
    5. Scan/ foto Pasport dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA).
    6. Scan /Foto Surat Penarikan  Uang Herregistrasi.
    7. Fotocopy Ijazah  yang terlegalisir
    8. Fotocopy Akta kelahiran yang terlegalisir
    9. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi 
    10. Formulir jas almamater
    11. Formulir Kartu Mahasiswa
    12. Pas Foto Berwarna (Bukan foto Selfie)
    13. Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP
    14. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    15. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000,-
    16. Resi tanda terima berkas
    17. Scan /Foto Surat Penarikan  Uang Herregistrasi.

Registrasi Lintas Jalur Karyawan

Jalur lintas jalur adalah jalur yang dipilih oleh pendaftar/calon mahasiswa yang berasal dari D3 atau Vokasi dan akan melanjutkan ke S1 Ilmu Komunikasi Stikom Yogyakarta.

Jalur Lintas jalur terdiri dari dua jenis, yaitu lintas jalur alumni dan lintas jalur non-alumni.

  • Jalur Lintas jalur alumni tidak dikenakan biaya SPA (dikhususkan bagi alumni D3 Akindo/Stikom Yogyakarta).
  • Jalur lintas jalur non-alumni dikenakan biaya SPA sebesar Rp. 2.000.000,00
  • Jadwal kuliah dilakukan hari Jumat dan Sabtu

Tahapan Pendaftaran  Mahasiswa Baru Lintas Jalur/Kelas Sore (Transfer)

  1. Membuat akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran Reguler
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  4. Unggah berkas (5 berkas semua dalam format PDF): Bukti Pembayaran, Pas Foto, Kartu Keluarga, Ijazah Terakhir dan  Trankrip Nilai.
  5. Menunggu pengumuman diterima. Informasi akan disampaikan melalui email. Mohon selalu memantau akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  6. Setelah dinyatakan diterima, silakan melakukan Herregistrasi sesuai Program Studi.

 

Tahapan Herregistrasi Mahasiswa  Lintas Jalur/Kelas Sore (Transfer)

  1. Membayar biaya Herregistrasi meliputi biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) + Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) sesuai Prodi diterima, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  2. Mengisi form herregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/ , login menggunakan akun yang telah dibagikan.( Cp : 0813 7425 6967 , Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  3. Mengunggah berkas herregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari  setelah Herregistrasi  pada Jam Kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/ foto bukti pembayaran biaya herregistrasi
    2. Scan/ foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    3. Scan/ foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM 
    4. Scan/ foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000 
    5. Scan/ foto Pasport dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA).
    6. Scan /Foto Surat Penarikan  Uang Herregistrasi.
    7. Fotocopy  Ijazah Terakhir  yang teregalisir
    8. Fotocopy KTP
    9. Fotocopy Kartu Keluarga
    10. Fotocopy  Akta kelahiran yang terlegalisir
    11. Formulir jas almamater
    12. Formulir Kartu Mahasiswa
    13. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    14. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000,-

 

Registrasi Pindahan

Jalur pindahan adalah jalur yang dipilih oleh pendaftar/calon mahasiswa yang pindah dari D3 kampus lain ke D3 Stikom Yogyakarta atau pendaftar/calon mahasiswa yang pindah dari S1 Ilmu Komunikasi kampus lain ke S1 Ilmu Komunikasi Stikom Yogyakarta

  • Biaya kuliah dikenakan seperti jalur Reguler sesuai jenjang pendidikan yang dipilih.

Tahapan Pendaftaran  Mahasiswa Baru Pindahan

  1. Membuat akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran Reguler
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  4. Upload Bukti Pembayaran
  5. Unggah berkas: Pas Foto, Kartu Keluarga, dan KTP, Transkrip Nilai dari Kampus Asal, Surat Pengunduran diri dari kampus asal, Ijazah SMA,  (semua dalam format PDF)
  6. Menunggu pengumuman diterima. Informasi akan disampaikan melalui email. Mohon selalu memantau akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  dan email.
  7. Setelah dinyatakan diterima, silakan melakukan Herregistrasi sesuai Program Studi.

Tahapan Herregistrasi Mahasiswa  Pindahan

  1. Membayar biaya Herregistrasi meliputi biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) + Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) sesuai Prodi diterima, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  2. Mengisi form herregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/ , login menggunakan akun yang telah dibagikan.( Cp : 0813 7425 6967 , Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  3. Mengunggah berkas herregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari  setelah Herregistrasi  pada Jam Kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/ foto bukti pembayaran biaya herregistrasi
    2. Scan/ foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    3. Scan/ foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM 
    4. Scan/ foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000,- 
    5. Scan/ foto Pasport dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA).
    6. Scan /Foto Surat Penarikan  Uang Herregistrasi.
    7. Fotocopy Ijazah  SMA  yang terlegalisir
    8. Transkrip Nilai dari Kampus Asal.
    9. Surat Pengunduran Diri dari kampus asal.
    10. Fotocopy Akta kelahiran  yang terlegalisir
    11. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi 
    12. Formulir jas dan jaket almamater
    13. Formulir Kartu Mahasiswa
    14. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    15. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000,
    16. Scan /Foto Surat Penarikan  Uang Herregistrasi.

Registrasi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Tahapan Pendaftaran Jalur  KIP

  1. Membuat akun dan melengkapi data di https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id
  2. Membuat akun di www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  3. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran KIP
  4. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  5. Unggah berkas (5 berkas semua dalam format PDF): Bukti Pembayaran, Raport semester 5/SKL/Ijazah, Pas Foto, Kartu Keluarga, dan KTP Mengikuti seleksi dengan jadwal yang sudah ditentukan
  6. Dilakukan survey lapangan jika memungkinkan.
  7. Pengumuman diterima sebagai mahasiswa STIKOM Yogyakarta

*Narahubung/CP informasi KIP STIKOM Yogyakarta : 0882005435999 (Bapak Arvian)

Penerima beasiswa KIP akan dibebaskan dari biaya pendidikan (SPA dan UKT) sesuai masa studi (3 tahun untuk program D3 dan 4 tahun untuk S1 ).

Tahapan Herregistrasi Mahasiswa Baru Jalur KIP

  1. Mengisi form herregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/ , login menggunakan akun yang telah dibagikan.( Cp : 0813 7425 6967 , Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  2. Mengunggah berkas herregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari  setelah Herregistrasi  pada Jam Kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/ foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    2. Scan/ foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    3. Scan/ foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000,
    4. Fotocopy Ijazah  yang terlegalisir
    5. Fotocopy  Akta kelahiran yang terlegalisir
    6. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi 
    7. Pas Foto Berwarna (Bukan foto Selfie)
    8. Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP
    9. Formulir jas almamater
    10. Formulir Kartu Mahasiswa
    11. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    12. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000,-

Registrasi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Berikut adalah tahapan proses registrasi pendaftaran mahasiswa baru STIKOM Yogyakarta:

*Narahubung/CP informasi KIP STIKOM Yogyakarta : 0877 8316 6521 (Bapak Arvian)

Penerima beasiswa KIP akan dibebaskan dari biaya perkuliahan (SPA dan UKT) sesuai masa studi (3 tahun untuk program D3 ).

  1. Membuat akun di www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id atau klik disini
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran KIP
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo.
  4. Upload Bukti Pembayaran
  5. Membuat akun dan melengkapi data di https://kip-kuliah.kemendikbud.com
  6. Melengkapi berkas persyaratan pendaftaran dengan upload berkas sebagai berikut:
    1. Scan/ foto ijazah asli atau fotocopy terlegalisir
    2. Scan/ foto rapor semester I-V asli atau fotocopy terlegalisir
    3. Scan/ foto KTP calon mahasiswa
    4. Scan/ foto KK
    5. Scan/ foto Akte Kelahiran
    6. Scan/ foto rekening listrik bulan terakhir
    7. Scan/ foto bukti pembayaran PBB terakhir
    8. Pas foto dengan latarbelakang merah
    9. Foto rumah berwarna dan jelas (tampak depan, samping, dan ruang keluarga)
    10. Bukti atau surat keterangan penghasilan orang tua
    11. Scan/foto kartu KIP atau KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)
  7. Mengikuti seleksi dengan jadwal yang sudah ditentukan
  8. Dilakukan survey lapangan jika memungkinkan.
  9. Pengumuman diterima sebagai mahasiswa STIKOM Yogyakarta

Heregistrasi

Berikut adalah tahapan proses herregistrasi pendaftaran mahasiswa baru STIKOM Yogyakarta:

  1. Mengunggah berkas herregistrasi online yang meliputi:
    1. Scan/ foto Surat Pernyataan Kebenaran Data Klik di sini
    2. Scan/ foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM Klik di sini
    3. Scan/ foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10000,- Klik di sini
    4. Scan/ foto Pasport dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA).
  2. Berkas yang dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta pada saat Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB):
    1. Fotocopy Ijazah SMA yang terlegalisir
    2. Fotocopy Akta kelahiran yang terlegalisir
    3. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi Klik di sini
    4. Formulir jas dan jaket almamater
    5. Formulir Kartu Mahasiswa
    6. Scan/ foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    7. Scan/ foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10000,-
    8. Resi tanda terima berkas

BIAYA PENDIDIKAN

BIAYA HERREGISTRASI MAHASISWA BARU
STIKOM YOGYAKARTA
TA. 2024/2025

 

  1. Rincian Biaya Kuliah Jalur Reguler
      D3
    Public Relations
    (Rp)
    D3
    Advertising
    (Rp)
    D3
    Broadcasting RTV / Film
    (Rp)
    S1
    Ilmu Komunikasi
    (Rp)
    Reguler Lintas Jalur/Karyawan
    UKT
    Tiap Semester (Rp)
    5.100.000 5.100.000 5.250.000 5.350.000 6.500.000
    1. Biaya Kuliah Tetap (UKT)
  2. Sistem Pembayaran Herregistrasi Mahasiswa Baru TA, 2024/2025
    1. Pembayaran awal Herregistrasi Mahasiswa Baru : dibayar lunas UKT dan SPA, akan mendapat potongan 5% dari kesanggupan SPA.
    2. Pembayaran awal Herregistrasi Mahasiswa Baru : 70% dari total UKT dan SPA dibayar diawal, dan 30% diangsur selama 4 bulan.
    3. Pembayaran awal Herregistrasi Mahasiswa Baru : 60 % dari total UKT dan SPA dibayar diawal, dan 40% diangsur selama 4 bulan.
    4. Pembayaran awal Herregistrasi Mahasiswa Baru : 50 % dari total UKT dan SPA dibayar diawal, dan 50% diangsur selama 4 bulan
  3. Rincian Pembayaran Herregistrasi Mahasiswa Baru 2024/2025

 

Program Studi Periode Pendaftaran Jenis Pembayaran Jumlah Total Keterangan
UKT SPA
D3 Hubungan Masyarakat GELOMBANG I
(1 Jan - 31 Mart 2024)
5.100.000 8.500.000 12.600.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG II
(1 April - 30 Juni 2024)
5.100.000 9.000.000 13.600.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG III
(1 Juli – 31 Agustus 2024)
5.100.000 9.500.000 14.600.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG IV
(1 Sept. – 14 Oktober 2024)
5.100.000 10.000.000 15.100.000 UKT dan SPA Full
 
D3 Periklanan GELOMBANG I
(1 Jan - 31 Mart 2024)
5.100.000 8.500.000 12.600.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG II
(1 April - 30 Juni 2024)
5.100.000 9.000.000 13.600.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG III
(1 Juli – 31 Agustus 2024)
5.100.000 9.500.000 14.600.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG IV
(1 Sept. – 14 Oktober 2024)
5.100.000 10.000.000 15.100.000 UKT dan SPA Full
 
D3 Penyiaran GELOMBANG I
(1 Jan - 31 Mart 2024)
5.250.000 8.500.000 12.750.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG II
(1 April - 30 Juni 2024)
5.250.000 9.000.000 13.750.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG III
(1 Juli – 31 Agustus 2024)
5.250.000 9.500.000 14.750.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG IV
(1 Sept. – 14 Oktober 2024)
5.250.000 10.000.000 15.250.000 UKT dan SPA Full
 
SI Ilmu Komunikasi GELOMBANG I
(1 Jan - 31 Mart 2024)
5.350.000 8.500.000 12.850.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG II
(1 April - 30 Juni 2024)
5.350.000 9.000.000 13.850.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG III
(1 Juli – 31 Agustus 2024)
5.350.000 9.500.000 14.850.000 UKT dan SPA Full
GELOMBANG IV
(1 Sept. – 14 Oktober 2024)
5.350.000 10.000.000 15.350.000 UKT dan SPA Full
 
SI Ilmu Komunikasi (Lintas Jalur). GELOMBANG I
(1 Jan - 31 Mart 2024)
6.500.000 - 6.500.000 Jalur Alumni AKINDO/STIKOM
GELOMBANG II
(1 April - 30 Juni 2024)
6.500.000 - 6.500.000
GELOMBANG III
(1 Juli – 31 Agustus 2024)
6.500.000 - 6.500.000
GELOMBANG IV
(1 Sept. – 14 Oktober 2024)
6.500.000 - 6.500.000
GELOMBANG I
(1 Jan - 31 Mart 2024)
6.500.000 2.000.000 8.500.000 Jalur Alumni NON ALUMNI
GELOMBANG II
(1 April - 30 Juni 2024)
6.500.000 2.000.000 8.500.000
GELOMBANG III
(1 Juli – 31 Agustus 2024)
6.500.000 2.000.000 8.500.000
GELOMBANG IV
(1 Sept. – 14 Oktober 2024)
6.500.000 2.000.000 8.500.000

KONTAK

Alamat:
Jl. Laksda Adisucipto Km. 6,5 No. 279
Yogyakarta Indonesia
Hotline Panitia PMB :

081238398044 - Kelas Sore / Kelas Karyawan

085712212606  - Kelas Reguler

Telegram   : pmbstikomakindo  
Telepon     : 0274-4533864
Email         :
pmb@stikomyogyakarta.ac.id
humas@stikomyogyakarta.ac.id

MATERI KURIKULUM

Profil Lulusan Profil Keahlian Kelas
1) Mampu bekerja sebagai tenaga perencana, pelaksana, pengatur dan pengawas di bidang Hubungan Masyarakat 1) Menguasai operasional komputer untuk penulisan, presentasi, desain. Pengantar Humas
2) Mampu mengantisipasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah di bidang Hubungan Masyarakat 2) Mempunyai kemampuan dasar teknis pelaksanaan Hubungan Masyarakat seperti protokoler, penulisan naskah Hubungan Masyarakat, pengelolaan media internal, media and community relations dll Statistik
3) Mampu mengembangkan aplikasi komunikasi pemasaran dan Hubungan Masyarakat di masa depan. 3) Mempunyai kemampuan perencanaan komunikasi
4) Mampu mengelola usaha bidang Hubungan Masyarakat 4) Mempunyai kemampuan sebagai account executive Komunikasi Pemasaran
5) Mempunyai kemampuan untuk melakukan presentasi produk Etika Kehumasan
6) Mempunyai kemampuan sebagai pelaksana kegiatan (event organizer). Manajemen Humas
Komunikasi Organisasi
Teknik Presentasi dan Negosiasi
Penulisan Naskah Kehumasan I
Teknik Promosi dan Penjualan
Aplikasi Komputer
Produksi Media
Event Organizing
Etika dan Kepribadian
Personal Marketing
Profil Lulusan Profil Keahlian Kelas
1) Mampu bekerja sebagai tenaga perencana, pelaksana, pengatur dan pengawas kegiatan bidang periklanan. 1) Kemampuan dasar di bidang presentasi dan desain perikalanan. Dasar-Dasar Penulisan Kreatif
2) Mampu mengantisipasi,merumuskan dan menyelesaikan masalah di bidang periklanan. 2) Mempunyai kemampuan di dalam menjalankan profesi sebagai account executive Teori Periklanan
3) Mampu mengembangkan aplikasi komunikasi pemasaran dan komunikasi kreatif periklanan di masa depan. 3) Mempunyai kemampuan kreatif dan visualisasi perikalanan Manajemen Periklanan
Komunikasi Pemasaran
Psikologi Komunikasi
Statistik
Penulisan Naskah Iklan I
Perilaku Konsumen
Strategi Kreatif
Teknik Promosi dan Penjualan
Perencanaan Program Periklanan
Fotografi Desain
Desain Komunikasi Visual
Pembelian Media Iklan
Illustrasi Musik Iklan
Komunikasi Bisnis
Teknik Foto Imagi
Komputer Animasi Audio Visual
Illustrasi dan Visualisasi Iklan
Profil Lulusan Profil Keahlian Kelas
1) Mampu bekerja sebagai tenaga perencana, pelaksana, pengatur dan pengawas kegiatan bidang radio televisi dan film 1) Mempunyai kemampuan membuat naskah dan desain program acara radio, televisi dan film Media dan Sistem Studio
2) Mampu mengantisipasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah di bidang radio televisidan film. 2) Mempunyai kemampuan memproduksi program radio, televisi dan film cerita. Penulisan Naskah Televisi
3) Mampu mengembangkan aplikasi komunikasi terapan untuk radio televisi dan film serta dapat mengikuti 3) Mempunyai kemampuan memproduksi program jurnalistik, hiburan dan film cerita. Manajemen Produksi Televisi
4) Mampu bekerja/mengelola usaha bidang radio dan televisi. 4) Mempunyai kemampuan sebagai pengelola (crew), penyaji, pemeran di dalam produksi program radio, televisi dan film. Tata Artistik Televisi
Dasar-Dasar Penyusunan Program
Etika Komunikasi dan Kode Etik Jurnalistik
Reportase dan Penulisan Berita
Tata Fotografi Elektronik I
Editing Elektronik
Tata Suara
Produksi Program Radio
Animasi dan Produksi Multi Media
Dramaturgi
Dasar-Dasar Jurnalistik Azas-Azas Manajemen Komunikasi Massa dan Digital Teknologi Informasi dan Komunikasi Komunikasi Antar Budaya Perilaku Konsumen Kewirausahaan Komunikasi Pemasaran Cyber Culture: Internet & Multimedia Manajemen Produksi TV dan Film/Siaran/Humas/Pemasaran/Periklanan Penulisan Naskah Film/Jurnalistik
Profil Lulusan Profil Keahlian Kelas
Lulusan mampu menjadi manajer atau pemimpin dalam bidang ilmu komunikasi, produksi siaran, hubungan masyarakat dan pemasaran. Mampu memproduksi isi pesan untuk berbagai tujuan komunikasi menggunakan segala jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku. Dasar-Dasar Jurnalistik
Lulusan mampu merumuskan konsep yang memadai sesuai tuntutan dan kebutuhan dunia industri relevan dengan kompetensi yang dimiliki. Mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, organisasi, dan massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan. Azas-Azas Manajemen
Lulusan mampu memecahkan masalah dengan berbagai solusi yang tepat, cepat, dan komprehensif melalui pendekatan riset dan analisis yang kuat. Mampu menjalankan kegiatan penelitian di bidang komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner. Komunikasi Massa dan Digital
Lulusan mampu berkomunikasi dengan efektif dan efisien dengan menggunakan berbagai teknologi telekomunikasi, media, dan informatika. Mampu menyusun karya ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan atau forum pertemuan ilmiah. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Lulusan mampu memahami dan melaksanakan berbagai regulasi (peraturan perundang-undangan) yang berlaku dalam dunia komunikasi, penyiaran, hubungan masyarakat dan pemasaran. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, dan kritik seni. Komunikasi Antar Budaya
Lulusan mampu menjadi wirausaha kreatif dan inovatif dalam bidang ilmu komunikasi, produksi siaran, hubungan masyarakat dan pemasaran. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Perilaku Konsumen
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. Kewirausahaan
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Komunikasi Pemasaran
Cyber Culture: Internet & Multimedia
Manajemen Produksi TV dan Film/Siaran/Humas/Pemasaran/Periklanan
Penulisan Naskah Film/Jurnalistik

FASILITAS

Sebaran Mata Kuliah

UKUR POTENSIMU

FREQUENTLY ASKED QUESTION

  1. Mengapa saya tidak menerima pesan di email saya?
    • Ada kemungkinan email yang Anda masukkan salah. Pastikan kembali email yang Anda isikan ketika mendaftar sudah sesuai.
    • Periksa kembali folder spam di email Anda
    • Hubungi Pusat Informasi Pendaftaran dan Registrasi jika Anda masih menemukan masalah pada pendaftaran akun di Hot Line Panitia PMB (081238398044).
    • Ada kemungkinan email atau password yang Anda masukkan salah.
    • Periksa kembali email telah dikirimkan ke email Anda.
    • Gunakan menu “lupa password” jika Anda lupa password yang Anda daftarkan
  2. Mengapa saya tidak dapat login pada laman pmb.stikomyogyakarta.ac.id?
    • Ada kemungkinan email yang Anda masukkan salah. Pastikan kembali email yang Anda isikan ketika mendaftar sudah sesuai.
    • Periksa kembali folder spam di email Anda.
    • Hubungi Pusat Informasi Pendaftaran dan Registrasi jika Anda masih menemukan masalah pada pendaftaran akun.
    • Ada kemungkinan email atau password yang Anda masukkan salah.
    • Periksa kembali email telah dikirimkan ke email Anda.
    • Gunakan menu “lupa password” jika Anda lupa password yang Anda daftarkan
  3. Bagaimana jika belum mendapatkan ijazah, apakah saya dapat melakukan verifikasi dokumen?
    • Anda dapat melakukan verifikasi dokumen. Dokumen ijazah dapat disusulkan segera setelah ijazah diterbitkan.

  4. Berapa banyak program studi yang dapat saya pilih untuk satu kali tes tulis dan TPA?
    • Anda dapat memilih maksimum 2 program studi yang berbeda.

  5. Bagaimana jika saya belum memiliki KTP untuk syarat mengikuti tes?
    • Silakan menggunakan identitas lainnya yang mencantumkan foto diri (kartu pelajar SMA, SIM, surat rekomendasi sekolah).

  6. Bagaimana jika surat pernyataan tanda diterima pola seleksi hilang?
    • Silakan menghubungi bagian Front Office untuk pencetakan ulang.

  7. Apakah bisa apabila saya sudah melakukan verifikasi dokumen tetapi saya ingin pindah program studi?
    • Bisa, namun harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan panitia PMB dan bagian akademik STIKOM Yogyakarta. Anda dapat menghubungi nomor (0274) 7488787 maupun Hot Line Panitia PMB (081238398044).

  8. Apakah saya boleh mewakilkan verifikasi dokumen kepada orang lain?
    • Tidak boleh. Verifikasi dokumen hanya dapat dilakukan oleh calon mahasiswa yang bersangkutan.

  9. Bagaimana jika saya belum bisa membayar uang registrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan?
    • Status calon mahasiswa akan otomatis dibatalkan apabila belum membayarkan hingga batas waktu (satu gelombang berikutnya setelah dinyatakan diterima). Misalnya calon mahasiswa baru dinyatakan diterima pada gelombang I, maka batas pembayaran sampai gelombang II berakhir.

  10. Saya ingin minta dispensasi waktu pembayaran angsuran pertama, apakah bisa?
    • Silakan mengirimkan surat penundaan/dispensasi waktu pembayaran yang ditujukan kepada Pembantu Ketua II Bidang Keuangan dengan menyampaikan alasan meminta dispensasi dan menyertakan pernyataan kesanggupan melakukan pembayaran pada waktu yang disetujui. Surat tersebut disampaikan melalui Bagian Keuangan STIKOM Yogyakarta.

  11. Jika saya sudah membayar heregristasi namun diterima di kampus lain apakah boleh menarik atau mengambil biaya yang telah saya bayarkan?
    • Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta No.: 140/I/STI/Ket/SK/XI/2018 tentang ketentuan penarikan uang registrasi bagi calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta TA. 2019/2020 yang antara lain ditetapkan bahwa hanya bagi calon mahasiswa yang diterima di S1 REGULER Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang melalui SNMPTN, SBMPTN, UM kolektif terintegrasi yang dilakukan serentak bersama-sama diantara PTN lain yang dapat atau berhak mengambil dan menarik kembali uang Registrasi dengan dikenakan potongan biaya administrasi 35 % dari jumlah yang wajib dibayarkan.

    • Adapun waktu penarikan dapat dilakukan maksimal 10 hari setelah pengumuman SNMPTN, SBMPTN, UM. Bagi mahasiswa yang diterima program Strata 1 atau Strata 1 Politeknik atau Diploma Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Diploma Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lain yang proses penerimaan mahasiswa barunya dilakukan di luar SNMPTN, SBMPTN, UM kolektif terintegrasi dengan PTN lain atau dengan alasan tertentu ingin menarik diri sebagai calon mahasiswa baru STIKOM Yogyakarta, tidak berhak menarik kembali sebagian atau seluruh uang yang telah dibayarkan. Uang yang telah dibayarkan menjadi hak STIKOM Yogyakarta.

  12. Pertanyaan seputar Kartu Indonesia Pintar (KIP) - Kuliah?

Beasiswa

KIP D3 dan S1

Syarat-syarat untuk mendaftar melalui jalur KIP?

  • Membuat akun di https://pmb.stikomyogyakarta.ac.id/register.
  • Membuat akun dan melengkapi data di https://kip-kuliah.kemendikbud.com
  • Melengkapi berkas persyaratan pendaftaran di serahkan langsung atau melalui email pmb@stikomyogyakarta.ac.id atau WA (081238398044) dalam.
    1. Scan/ foto ijazah terlegalisir
    2. Scan/ foto rapor semester I-V
    3. Scan/ foto KTP calon mahasiswa
    4. Scan/ foto KK terlegalisir
    5. Scan/ foto Akte Kelahiran terlegalisir
    6. Scan/ foto rekening listrik terakhir
    7. Scan/ foto bukti pembayaran PBB terakhir
    8. Pas foto dengan latar merah
    9. Foto rumah berwarna (tampak depan, samping, dan ruang keluarga)
    10. Fotocopy KIP atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Dinas Sosial
  • Mengikuti seleksi dengan jadwal yang sudah di tentukan
  • Dilakukan survey lapangan Jika memungkinkan.
  • Pengumuman diterima sebagai mahasiswa STIKOM Yogyakarta